Sabtu, 14 November 2015

percakapan zainudin dan hayati dalam film tenggelamnya kapal van der wijck





scene ter killer.!!

Hayati : engkuh.??
Zainudin : duduk lah..
Hayati : sudah sebulan lamanya saya menetap di rumah engkuh!! Setelah kepergian uda aziz Apalah lagi akal saya engkuh??
Zainudin : iyaaa.. apalah akal kita lagi??
Hayati : saya akan berkata berterus terang kepada mu!! Saya akan jujur kepada mu!! akan
 saya panggil kembali nama mu.. sebagai mana dahulu pernah saya panggilkan!! “zainudin”
saya sudi menanggung segenap coba’an yang menimpa diriku.. asalkan kau sudi memaafkan segenap kesalahan ku!!
Zainudin : maaf.??  Kau regas segenap pucuk pengharapan ku.. kau patahkan!! Kau minta maaf??
Hayati : mengapa kau jawab aku sekejam itu zainudin?? Sudah hilangkah kenangan kita dari hati mu?? Janganlah kau jatuhkan hukuman.. kasihanilah perempuan yang di timpa musibah berganti ganti ini.!!
Zainudin : iya!! Demikianlah perempuan dia hanya ingat kekejaman orang kepada dirinya walaupun kecil.. dan dia lupa kekejamanya sendiri kepada orang lain padahal begitu besarnya!! Lupakah kau siapa di antara kita yang kejam?? Bukankah kau yang telah berjanji ketika saya di usir oleh nidik mamak mu karna saya asalnya tidak tentu.. orang hina di hina tidak tulen minangkabau.. ketika itu kau antarkan saya ke simpang jalan.. kau berjanji akan menunggu kedatangan ku berapa pun lamanya!! Tapi kemudian kau berpaling ke yang lebih gagah, kaya raya, berbangsa, beradat, berlembaga, berketurunan.. kau kawin dengan dia!! Kau sendiri yang bilang padaku bahwa perkawinan itu bukan paksaan orang lain.. tetapi pilihan hati kau sendiri!! Hampir saya mati menanggung cinta hayati!! Dua bulan lamanya seya tergeletak di tempat tidur!! Kau jenguk saya dalam sakit ku.. menunjukan bahwa tangan kau telah ber-inai.. bahwa kau telah jadi kepunyaan orang lain!! Siapakah diantara kita yang kejam hayati?? Saya kirimkan surat-surat, meratap, menghinakan diri, memohon dikasihani!! Tiba-tiba kau balas saja surat itu dengan suatu balasan yang tersulit tak termakan di hayal.. kau katakan kau miskin saya pun miskin hidup tidak akan beruntung kalau tidak ada uang!! Karna itu kau pilih kehidupan yang lebih senang mentereng, cukup uang, berenang di dalam emas bersayap uang kertas!!
Hayati : zainudin!!
Zainudin : siapakah diantara kita yang kejam hayati?? Siapakah yang telah mengahalangi seorang anak muda yang bercita-cita tinggi menambah pengetahuan!! Tapi akhirnya terbuang jauh ke tanah jawa ini.. hilang kampung dan halamannya!! Sehingga dia menjadi anak komedian tertawa di muka umum tetapi menangis di belakang layar.!!
Hayati : zainudin!!
Zainudin : tidak hayati!! Saya tidak kejam.. saya hanya menuruti katamu!! Bukankah kau yang meminta di dalam suratmu.. supaya cinta kita itu di lupakan dan di hilangkan saja.. di ganti dengan persahabatan yang kekal!! Permintaan itulah yang saya pegang teguh sekarang kau bukan kecintaan ku bukan tunangan ku bukan istri ku tetapi janda dari orang lain!! Maka itu secara seorang sahabat bahkan secara seorang saudara!! Saya akan kembali teguh memegang janji ku dalam persahabatan itu sebagai mana teguhku dahulunya memegang cinta ku!! Itulah sebabnya dengan segenap ridho hati ini kau ku bawa tinggal di rumah ku.. untuk menunggu kedatangan suami mu.. tetapi kemudian bukan dirinya yang kembali pulang tetapi surat cerai dan kabar yang mengerikan!! Maka itu sebagai seorang sahabat pula kau akan ku lepas pulang ke kampung mu.. ketanah asalmu!! Tanah minangkabau yang kaya raya yang beradat berlembaga yang tak lapuk di hujan tak lekang di panas!! Ongkos pulang mu akan saya beri demikian keperluan yang kau perlukan!! Dan kalau saya masih hidup sebelum kau mendapat suami lagi!! Insyaallah kehidupan mu selama di kampung akan saya bantu!!
Hayati : zainudin?? Itukah keputusan yang kau berikan kepadaku?? Bukankah kau tlah termasur dimana-mana.. seorang yang berhati mulia!! Tidak!! Saya tidak akan pulang.. saya akan tetap disini bersama mu.. biar saya kau hinakan biar saya kau pandang sebagai babu yang hina!! Saya tidak butuh uang berapapun banyaknya saya butuh dekat dengan kau zainudi!! Saya butuh dekat dengan kau..
Zainudin : tidak!! Pantang pisang berbuah dua kali.. pantang pemuda memakan sisa!! Kau mesti pulang kembali ke padang.. biarkan saya dalam keadaan begini!! Jangan mau di tumpang hidup saya.. orang tidak tentu asal.. negeri minangkabau beradat!!  Besok hari senin ada kapal berangkat dari surabaya kemudian ke tanjung priuk terus ke padang!! Kapal van der wijck.. engkau menumpanglah dengan kapal itu pulang ke kampung mu!! buat belanja pulang (mengeluarkan uang dari dompetnya) !! bang muluk akan mengurus semuanya.. saya tidak bisa menghantar!! Saya harus pergi ke malang menginap di sana ada urusan!! Di kala kau sudah sampai ke kampung.. sampaikan salam ku pada engkuh datuk!!

49 komentar:

  1. Ada yg tau almat dolwnloadny ndk ?

    BalasHapus
  2. Inilah Film yang pertama membuat air mata saya menetes๐Ÿ˜“๐Ÿ˜“

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga, film pertama yg membuat ku meneteskan air mata

      Hapus
  3. Sastra bahwa yang luar biasa
    Film terbaik Indonesia lah ini ni, (kategori film romance)

    BalasHapus
  4. Spe woi ad buku dari sainudin dari abad1 deku nyari buku nye dak dapat terus

    BalasHapus
  5. Spe woi ad buku dari sainudin dari abad1 deku nyari buku nye dak dapat terus

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Seperti jalan hidup ku yg skrang..
    Seorang anak rantau dari tanah Selebes dtang ke tanah Jawa..
    Yg sedang menambah wawasan di kampung orang..
    Yg jga sudah memikat janji satu sama lain, tapi apa daya..
    Dia berbalik pandang sama seseorang yg kaya raya, beradat, gagah dan kawin sama dia..

    BalasHapus
  8. Seperti jalan hidup ku yg skrang..
    Seorang anak rantau dari tanah Selebes dtang ke tanah Jawa..
    Yg sedang menambah wawasan di kampung orang..
    Yg jga sudah memikat janji satu sama lain, tapi apa daya..
    Dia berbalik pandang sama seseorang yg kaya raya, beradat, gagah dan kawin sama dia..

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Pelajaran buat wanita² yg mengingkar janji

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan hayati hanyalah mudah menurut dan menyerah, tak pernah bermaksud tuk ingkar janji, karena dalam adat mereka, wanita tak memiliki kuasa, ia menyerah sehingga menuliskan supaya cinta mereka dihapuskan dan dilupakan begitu saja

      Hapus
  11. hik hik hik,,,, gua banget fuck u yuli

    BalasHapus
  12. Bunuh Hayati di Rawa-Rawa bang... *hahahaha

    BalasHapus
  13. film yang benar benar merasuk kejiwa

    BalasHapus
  14. film yang benar benar merasuk kejiwa

    BalasHapus
  15. Film na epic bgt mashaAllah bygkan aj mnyiapkan na dr tahun 2008 ini film na mnguras air mata aplgh baca buku na bisa2 banjir airmata qt.ini br nama na filmn indonesia yg the best of the best by the best lah.bravo

    BalasHapus
  16. Kau regas segenap pucuk pengharapan ku.. kau patahkan!!

    BalasHapus
  17. Luar biasa, Buya Hamka ๐Ÿ™
    Alfatehah

    BalasHapus
  18. Inget waktu itu beli CD bajakan 15 ribuan buat nonton ini film. Habis beli langsung nonton sama anak2 SMP, cowok semua, dan pada nangis semua. Hahaha.. saya akui, filmnya bagus banget. Sastra melayu memang puwolll..

    BalasHapus
  19. • PROMO BULAN JUNI ••

    "Mudik Asik Bersama Nissan-Datsun"

    -March 1.2 manual nik 2018
    (TDP 25 jtan angs 4 jt)
    -G.livina Spesial Version 2018
    (TDP 30 jt angs 4.9 jt)
    -X trail 2.5 Cvt nik 2017
    (TDP 49 Jt angs 10 jt)
    -Serena Hws 2017
    (TDP 46 jt angs. 9.4 jt)
    -All New Datsun Go & Go+ nik 2018
    (TDP 10 jt angs 3 jt an)
    -Datsun Cross nik 2018
    (TDP 15 jt angs 3.7 jt an)

    Booking sekarang dapatkan penawaran menarik lainnya, pengajuan TDP dan Angsuran bisa di kondisikan.

    Info lebih lanjut hub :
    Ridwan Nissan Soekarno Hatta
    0823.1508.1661

    BalasHapus
  20. Sepertiku yang slama ini mengharapkan cintanya dan akhirnya dia memilih laki2 berbangsa berharta dan gagah

    BalasHapus
  21. Sepertiku yang slama ini mengharapkan cintanya dan akhirnya dia memilih laki2 berbangsa berharta dan gagah

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Aku sudah di perkenalkn sma kluarnya dtng yg lebih berada aku tersingkir. Nyesek banget kan

    BalasHapus
  24. Aku sudah di perkenalkn sma kluarnya dtng yg lebih berada aku tersingkir. Nyesek banget kan

    BalasHapus
  25. Penulisnya seperti sedang menulis kisah ku saat ini

    BalasHapus
  26. Film ini yg buatkan aq layan film2 indonesia. Lpas cerita ni aq knal bnyk film2 best dri seberang... Thumbs up...

    BalasHapus